Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh Pengguna Spidol Florix

Ada 2 pertanyaan yang sering ditanyakan oleh Pengguna Spidol Florix:

  1. Apakah spidol whiteboard Florix bisa disiulang semua jenis tinta?
  2. Apakah Tinta Spidol Whiteboard Florix bisa digunakan untuk isi ulang spidol merek lain?

Untuk menjawab pertanyaan kita membuka artikel ada di blog ini tinta spidol whiteboard, dijelaskan bahwa tinta spidol whiteboard yang beredar di dunia ada 2 Jenis:

  1. Type alcohol base.
  2. Type solvent non alkohol.

Kami jelaskan bahwa komponen tinta spidol terdiri dari:

  1. Pewarna/pigment.
  2. Resin/pengikat.
  3. Aditif.
  4. Solvent/pelarut, komponen terbanyak.

Yang membedakan 2 jenis tinta di atas adalah komponen resin.. Resin adalah komponen pengikat supaya pewarna menempel pada objek.

  • Resin untuk type alcohol adalah resin yang larut dalam pelarut alcohol (alcohol yang dipakai oleh tinta florix adalah etanol dari tebu}.
  • Resin untuk type non alcohol adalah resin yang larut dalam pelarut solvent jenis ketone maka kadang disebut ketone base, tetapi supaya perfoma tintanya bagus biasanya dicampur dengan jenis pelarut jenis ester antara lain etyl acetat, butyl acetat dll, bahkan beberapa ada yang dicampur xylene dab toluene. Semua jenis pelarut ini berasal dari turunan minyak bumi, cirinya bau menyengat sifatnya toxic sehingga tidak dapat diajukan dalam standar Amerka (ASTDM D-4236) dan Standard Eropa (EN-71), semacam SNI di Indonesia. Tapi sampai saat ini SNI di Indonesia belum mengatur tentang tinta spidol.

Perbedaan resin tentu pelarutnya berbeda, ini menyebabkan spidol florix dan tinta spidol florix belum tentu bisa digunakan spidol lain. Bila ada perbedaan pelarut akan menggumpal.

Spidol Florix hanya bisa diisiulang dengan tinta jenis alcohol, type ini selain Florix ada beberapa tinta impor, biasanya packing 20 ml dan 15 ml. Bila diisi tinta selain type alkohol akan menggumpal (perhatikan baunya kalau baunya relative rendah seperti spiritus bisa digunakan, bila bau menyengat bikin pusing tidak dapat digunakan). Perhatikan tinta kemasan besar 100 ml ke atas biasanya type non alcohol (cirinya bau menyengat bikin pusing) tidak dapat digunakan untuk isi ulang spidol florix.

Tinta spidol hanya digunakan untuk isi ulang spidol whiteboard type alcohol cirinya bila dibuka dan mataspidol dicium baunya rendah spiritus. Hampir semua merek spidol yang beredar di seluruh dunia (selain Indonesia) menggunakan type ini karena produsen menyesuaikan standar Amerika dan standar Eropa untuk export/menjual produknya. Di Indonesia karena SNI belum mengatur dan sudah sejak lama beredar di Indonesia masih ada satu merek “SN” dan type BG bukan type alcohol ( mohon diperhatikan) ini tidak bisa diisi ulang tinta spidol florix. Merek “SN” juga memproduksi type ABG bisa digunakan, tetapi masih sedikit. Selain merek ini semua spidol whiteboard yang beredar di Indonesia bisa diisi ulang tinta Florix.

Semoga bermanfaat bagi pelanggan spidol Florix. Pilihlah spidol dan tinta spidol yang bebasis flora (herbal) dan ramah lingkungan, buatan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *